Modifan minimalis untuk mengubah klx 150 BF siap OFF ROAD
Mas bro… Beberapa waktu yang lalu
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor trail baru yang diberi nama
New KLX (tanpa 150). Memang apa bedanya New KLX dengan KLX150 BF yang
sudah lebih dahulu diluncurkan? Secara umum begini, KLX150 BF itu
merupakan motor dual sport yang legal dipakai di jalan raya. Mas bro
bisa melihat berbagai kelengkapan jalan raya di KLX150 BF, mulai dari
lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, panel speedometer,
klakson, hingga holder nomor polisi. Di sisi lain, New KLX adalah motor
yang benar-benar diciptakan untuk off road. Motor ini nggak bisa dipakai
di jalan raya karena nggak ada kelengkapannya dan dijual tanpa
surat-surat (off the road).
Karena memang dilahirkan sebagai motor
off road tulen, maka nggak heran kalau kemampuan New KLX di medan off
road lebih mumpuni dibandingkan dengan KLX150 BF, dengan asumsi
sama-sama motor standar tanpa modifikasi ya… Memang cukup banyak
perbedaan antara New KLX dengan KLX150 BF yang membuat performanya di
lintasan off road jadi lebih nampol. Kali ini Adventuriderz.com
bakal memberikan tips modifikasi ringan KLX150 BF agar memiliki
performa off road seperti New KLX. Kenapa kok yang jadi acuan New KLX?
Karena dia motor off road buatan pabrikan, tapi punya banyak banget
kesamaan dengan KLX150 BF, termasuk mesin dan frame-nya sama persis.
Tentu kalau New KLX yang jadi acuan modifikasi, KLX150 BF milik mas bro
bisa lebih awet, meskipun performanya juga nggak bakal nampol-nampol
amat. Berikut modifikasi minimalis KLX150 BF agar performanya mirip
seperti New KLX:
Ganti Karburator dengan Keihin PB20
Langkah pertama yang bisa dilakukan agar
performa KLX150 BF sama dengan New KLX, motor yang di Amerika Serikat
dipasarkan dengan nama KLX140G, adalah dengan mengganti sistem
pembakaran (karburator). Karburator standar KLX150 BF adalah Mikuni
NCV24 dengan tipe vakum (constant velocity). Banyak pabrikan motor masih
menggunakan karburator tipe ini karena karburator vakum mampu mencampur
bahan bakar dan udara yang lebih tepat. Imbasnya sih jelas, konsumsi
bahan bakar motor menjadi lebih irit.
Sayangnya karburator vakum memiliki
kelemahan, terutama buat yang demen geber-geberan, yaitu gerak
naik-turun skep tidak mengikuti pergerakan grip gas, melainkan sesuai
dengan kevakuman ruang bakar. Gampangnya, saat grip gas ditarik, mesin
nggak langsung merespon mengeluarkan ledakan power/torsi, cenderung
lambat. Padahal motor off road membutuhkan tarikan yang instan. Makanya
banyak yang bilang tarikan KLX150 BF lemot itu salah satu alasannya
karena penggunaan karburator vakum Mikuni NCV24. Terus diganti pakai
karburator apa mas?
Sesuai dengan standar New KLX, dia
menggunakan karburator skep konvensional Keihin PB20. Memang venturi
Keihin PB20 lebih kecil dari Mikuni NCV24. Namun, karena Keihin PB20
merupakan karburator skep, maka tarikannya menjadi lebih instan. Rasanya
nggak sulit mendapatkan karburator Keihin PB20 di pasaran. Selain punya
New KLX, Keihin PB20 juga dipakai pada motor Kawasaki Athlete kok, baik
yang tipe baru maupun tipe lama.
Ganti Gas Spontan
Setelah mengganti karburator dari model
vakum Mikuni NCV24 ke model skep Keihin PB20, langkah selanjutnya adalah
dengan mengganti grip gas dengan gas spontan. Sebenarnya ini otomatis
saja ya… Gas standar KLX150 menggunakan dua tali untuk terhubung ke
karburator Mikuni NCV24, sementara Keihin PB20 hanya membutuhkan satu
tali gas saja. Mas bro bisa lihat, standarnya New KLX juga sudah memakai
gas spontan. Tentu dengan menggunakan gas spontan tarikan motor menjadi
lebih josss… Oh ya, dengan memasang gas spontan, tentu mas bro juga
perlu membeli holder electric starter, lampu, dan engine kill switch.
Ubah Gear Ratio
Agar performa KLX150 semakin mirip
dengan New KLX, berikutnya mas bro perlu mengubah gear ratio. Gear ratio
yang lebih besar diperlukan agar motor menjadi lebih torque, gegas, dan
mudah melibas tanjakan-tanjakan tinggi. Nah, New KLX menggunakan gear
depan ukuran 13T, sementara gear belakang 57T. Artinya, New KLX memiliki
final gear ratio 4,384 (57/13), lebih tinggi dibandingkan dengan final
gear ratio KLX150 BF senilai 3,714 (52/14). Di pasaran banyak banget
yang jual gear ukuran 13-57 untuk KLX150 dari berbagai merek. Tinggal
pilih sesuai selera dan isi dompet!
Ganti Ban Off Road Tulen
Langkah terakhir modifikasi minimalis
agar kemampuan off road KLX150 BF setara dengan New KLX adalah dengan
mengganti ban. Ban standarnya KLX150 BF tergolong ban dual purpose
dengan kembangan yang lebih rapat. So, perlu penggantian ban dengan ban
off road tulen mutlak diperlukan agar grip ban menjadi lebih bagus
ketika melibas medan off road. Nggak sulit mencari ban off road tulen
buat KLX150 BF mulai dari merek ban lokal hingga dari brand global,
karena KLX150 BF menggunakan ukuran full size ring 18-21.
Sebenarnya masih banyak perbedaan antara
New KLX dengan KLX 150 BF. Misalnya saja New KLX menggunakan swing arm
aluminium yang bobotnya lebih ringan, tangki bahan bakar lebih kecil,
bodywork beda, suspensi teleskopik (sama dengan KLX150L), knalpot Euro 2
(sama dengan KLX150S), suspensi belakang mono shock dengan piggyback
reservoir, dan lain-lain. Nggak heran kalau bobot New KLX hanya 99 kg
saja. Untuk sedikit menurunkan bobot KLX150 BF agar ringan dipakai di
medan off road bisa disiasati dengan melepas seluruh lampu-lampu, rear
fender, hingga kick starter. Tapi untuk mengganti swing arm aluminium
nggak perlu ya, terlalu mahal. Suspensi dan knalpot juga dibiarkan
standar saja. Kalau ikut diganti jadi seperti New KLX nanti nggak
minimalis lagi modifikasinya…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar